Iklan

Minggu, 24 Agustus 2008

27 Agustus Bisa Liat Mars, Hoax ?

Abis Login YM, tiba-tiba ada offline messege. Sepertinya tulisan tersebut menarik. Disebutkan dalam messege tersebut bahwa pada tanggal 27 Agustus, akan tampak suatu momen bersejarah dimana kita bisa melihat Mars berukuran sebesar bulan dengan mata telanjang dari Bumi. Bunyi offline messege-nya seperti ini :


Informan : Tanggal 27 Agustus seluruh dunia akan menunggu untuk suatu moment.. Planet "MARS" akan bercahaya pada malam hari mulai agustus..
planet ini akan terlihat sebesar bulan ketika dilihat oleh mata telanjang..
Puncaknya pada 27 agustus,ketika planet ini berjarak 34,65 juta mil dr bumi,pastikan untuk melihat fenomena ini pd tggl 27 agustus 2008 jam 00.30 ...
akan terlihat Bumi memiliki 2 bulan,fenomena ini akan terjadi lagi pada tahun 2287.... kabari fenomena ini kepada teman2,karena fenomena ini tidak akan pernah bisa terlihat lagi....

Denger berita kayak gini, gw kagum-kagum sendiri. Wah gile, beruntung dong gw bisa idup di tahun 2008. Ada kesempatan langka kayak begini. Meski ga begitu ngerti tentang astronomi, tapi kalo cuma ngeliat doang sih udah seneng. :p



Iseng-iseng, gw nyari berita lengkapnya sambil nanya-nanya Mbah Google. Tapi ada sedikit kejanggalan. Tahun yang disebutkan di artikel tersebut, ada yang tahun 2003, 2005, 2007. Kalo begini mah, gak spesial namanya. Kok terjadi tiap tahun gini sih.. --a
Beberapa Artikel yang gw temuin :

http://muhsinlabib.wordpress.com/2007/08/11/breaking-news-mars-akan-terlihat-sebasar-bulan/

Planet Mars akan terlihat sebesar bulan planet Bumi kita dengan mata telanjang saja. Dan puncaknya akan terlihat seperti bulan purnama (full moon) pada tanggal 27 Agustus jam 00.30 malam senin pagi dini hari, saat jarak Mars dengan Bumi kita hanya sekitar 34.65M miles. Jangan sampai terlewatkan untuk ‘menatap’ langit yang akan seperti memiliki 2 buah bulan, karena jarak terdekat seperti itu hanya akan terjadi lagi di tahun 2287 yang akan datang. Share this with your friends!!

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/24/time/111051/idnews/821168/idkanal/10
astronom observatorium Boscha Lembang Dr Dani Herdi Wijaya tidak membenarkan hal tersebut. "Isi milis itu bohong. Ada yang tidak benar," katanya. Tiap tahun, lanjut Dani, memang suka beredar isu-isu seperti itu melalui milis. Namun, informasi yang tidak benar dalam isu itu harus diluruskan. Jarak Bumi-Mars, imbuh Dani, berkisar 5-6 juta kilometer, lebih jauh dibandingkan dengan jarak Bumi-Bulan yang hanya 400 ribu kilometer. "Dengan jarak seperti itu, tidak mungkin Mars terlihat sebesar bulan," ujar Dani.

http://simplyvie.multiply.com/journal/item/5

MARS tidak akan terlihat sebesar bulan purnama dan tidak akan ada dua buah bulan di Bulan Agustus.

Mars pada tanggal 27 Agustus yang disebut-sebut sebagai tanggal penuh fenomena itu baru akan terbit setelah lewat tengah malam. Fenomena tanggal 27 Agustus dalam hoax tersebut mengacu pada kejadian oposisi Mars yg terjadi 4 tahun lalu (2003).

Tahun 2003, Mars berada pada jarak terdekatnya pada tanggal 27 Agustus dengan jarak 55.758.006 km, dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus. Saat itu Mars memang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi, dibanding posisi terdekatnya 50 ribu tahun yang lalu. Saat itu Mars memang berada pada jarak terdekat dengan Bumi, namun Mars tetap lebih jauh jaraknya dari Bulan. Pada tahun 2005, Mars kembali mendekat dengan bumi pada jarak 69 juta km tgl 30 Oktober, dan mengalami oposisi tanggal 7 November 2005. Diameter Mars pada tahun 2003 25 detik busur sedangkan pada tahun 2005 diameternya sebesar 20 detik busur.

Tahun 2007, oposisi Mars akan terjadi tanggal 18 Desember pada jarak sekitar 88,42 juta km dengan diameter 16 detik busur. Jaraknya pun masih lebih jauh dibanding posisi terdekatnya di tahun 2003.


http://langitselatan.com/2007/08/11/mars-hoax/

MARS tidak akan pernah terlihat sebesar bulan dan tidak akan ada dua buah bulan tanggal 27 Agustus.

Mars pada tanggal 27 Agustus yang disebut akan terlihat seperti purnama pada jam 00.30 itu baru terbit setelah lewat tengah malam. Jadi pada jam yang disebutkan di dalam isu itu Mars maish berada di horison dan belum bisa diamati. Sepanjang bulan Agustus Mars akan terlihat setelah tengah malam. Nah, Fenomena tanggal 27 Agustus dalam hoax tersebut mengacu pada kejadian oposisi Mars yg terjadi 4 tahun lalu (2003).




masih banyak lagi. Tapi kesimpulan yang lain yah, sama kayak itu. Menurut perhitungan secara astronomi, yang gw sendiri baru liat ternyata seribet itu, ternyata

MARS tidak akan pernah terlihat sebesar bulan dan tidak akan ada dua buah bulan tanggal 27 Agustus.


karena
Pada kondisi jarak terdekatnya saja, Mars berada 144 kali lebih jauh dari Bulan dan tidak akan pernah terlihat sebesar Bulan, apalagi jika ia makin menjauh dari Bumi. Yah, kalo di bikin preview perbandingannya kayak begini..




Jadi cuma sebatas keliatan kayak ada bintang warna merah. Gak mungkin kan 2 benda angkasa gede sebesar bulan berdekatan. Ini sangat berpengaruh pd kehidupan di Bumi & pengaruh gaya pasang surut. Bisa jadi tsunami terbesar di dunia nanti. :P

keren yah ada bintang warna merah, tar liat ahh.. ~


Jadi jangan ketipu lagi sama berita HOAX ini lagi. Masa mau ditipu sama HOAX tahun 2003.
ekekekeekke.. xD






2 komentar:

arani mengatakan...

buktiin nanti yuu tanggal 27.

udayzz mengatakan...

ergghhh, guw ga ngeliat.. ><
#&*@^&#*@ !!!

view my IP address


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by ArchiThings.Powered by Blogger